RSS

Asam Folat Sembuhkan Kanker Tenggorokan

14 Mei

Hasil studi dari sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa suplemen asam folat berguna untuk pengobatan leucoplakia (yaitu bercak putih di selaput lendir) pada laring yang dapat menyebabkan terjadinya kanker.

Laring, sebagai tempat pita suara, merupakan bagian dari sistem pernapasan dan berperan sebagai penghasil suara. Gangguan leucoplakia berupa bercak-bercak putih pada membran mukosa di mulut atau tenggorokan, dan mengandung sel-sel penyebab kanker.

Sebanyak 31 orang dari 43 pasien yang menderita gangguan leucoplakia pada laring mengalami pengurangan berkas-berkas tersebut sekitar 50% setelah pengobatan dengan asam folat selama 6 bulan. Pengobatan tersebut terdiri dari 5 mg asam folat yang diberikan setiap 8 jam. Hasil penelitian itu telah dipublikasikan dalam jurnal Cancer.

Pada studi sebelumnya, pasien yang didiagnosa menglami leucoplakia pada laring serta kanker otak dan leher ternyata memiliki kadar folat dalam darah yang cukup rendah dibandingkan dengan kondisi normal. Namun dengan pemberian suplemen asam folat, terlihat adanya peningkatan kadar folat yang cukup signifikan di dalam darah.

Hasil penelitian terbaru juga mendukung dugaan sebelumnya bahwa kadar folat yang rendah merupakan faktor risiko jangka panjang yang bisa mempengaruhi terjadinya kanker pada laring, apalagi jika dikombinasikan dengan paparan karsinogen dari lingkungan sekitarnya.

Untuk selanjutnya, masih perlu dilakukan penelitian lebih luas lagi untuk mengevaluasi efektivitas suplemen asam folat setelah pembedahan leucoplakia pada laring untuk mencegah terjadinya kanker otak dan leher.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada Mei 14, 2009 in kimia

 

One response to “Asam Folat Sembuhkan Kanker Tenggorokan

  1. Viagra

    Januari 25, 2010 at 12:29 pm

    Hey very nice blog!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I will bookmark your blog and take the feeds also…

    rH3uYcBX

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: